Andragogik ini muncul disebabkan karena pedagogik tidak menjamin atau mencakup seluruh kebutuhan akan kepuasan dari sebab dengan semakin kompleksnya kehidupan ini akan menuntut banyak kepuasan dalam hidupnya.
Secara singkat. andragogik atau pendidikan orang dewasa ini ini mempunyai 3 makna, yaitu sebagai berikut:
Menurut keinginan dan tujuan (needs and goals) dari tiap individu. Maslow melukiskan need manusia itu di dalam suatu hirarki atau urutan, dnri yang paling dasar yakni kebutuhan fisiologis (makan, minum, pakaian dan sebagainya) sampai dengan kebutuhan paling tinggi, yakni kebutuhan pengakuan atau kesempatan pengembangan diri.
Hirarki kebutuhan menurut Maslow dari kebutuhan yang paling dasar digambarkan sebagai berikut:
Gambar Bagan 1.1 Hirarki Kebutuhan Manusia Menurut Maslow
- Kebutuhan Fisiologis
- Kebutuhan keamanan
- Kebutuhan kasih sayang
- Kebutuhan penghargaan
- Kebutuhan kesempatan pengembangan diri
Untuk pencapai atau memenuhi kebutuhan ini, terutama kebutuhan dasar (physiological needs), seseorang perlu sehat, mempunyai pekerjaan, mempunyai/mancari uang, dan sebagainya. Untuk ini semua diperlukan kerja sama dan tolong-menolong antar individu tersebut.
Memenuhi kebutuhan dan tujuan dari suatu institusi: Satu institusi di tengah-tengah masyarakat tidak lepas dari hubungan antar orang-orang dewasa di masyarakatnya yang senantiasa memerlukan pengembangan dan kemajuan. Pengembangan institusi tak lain adalah pengembangan anggota institusi tersebut dan tak lepas dari pendidikan, baik formal maupun non formal.
Memenuhi kebutuhan dan tujuan masyarakat: Masyarakat itu kompleks, dinamis dan selalu berkembang. Pengembangan masyarakat menyangkut berbagai aspek. Tiap aspek kehidupan dalam masyarakat dikembangkan oleh lembaga yang berhubungan atau yang berwenang atas aspek tersebut. Misal, instansi kesehatan akan mengembangkan aspek kesehatan masyarakat, instansi pertanian akan mengembangkan tingkat ekonomi masyarakat. Akhirnya seluruh aspek kehidupan dalam masyarakat mencapai perkembangan yang harmonis.
Tugas pendidikan di sini adalah memberikan dan atau meningkatkan pengetahuan/pengartian, menimbulkan sikap positif serta memberikan atau meningkatkan keterampilan masyarakat/individu sehingga dicapai suatu masyarakat yang berkembang.
Dari uraian mengenai tujuan pendidikan (pedagogik maupun andragogik), dapat disimpulkan bahwa akhirnya pendidikan itu menuju kepada suatu perubahan, yakni tingkah laku individu maupun masyarakat. Jadi tujuan pendidikan adalah mengubah tingkah laku ke arah yang diinginkan. Sehubungan dengan hal ini maka tujuan pendidikan kesehatan adalah mengubah perilaku dari yang merugikan atau tidak sesuai dengan norma kesehatan ke arah tingkah laku yang menguntungkan kesehatan atau norma yang sesuai dengan kesehatan.