Semua alat peraga yang dibuat, berguna sebagai alat bantu belajar. Tetapi harus diingat bahwa alat ini dapat berfungsi sebagai alat belajar dengan sendirinya. Kita harus mengembangkan keterampilan dalam memilih dan mengadakan alat peraga secara tepat sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal.
Misalnya, satu set flash card tentang makanan sehat untuk bayi/anak-anak harus diperlihatkan satu persatu secara berurutan sambil menerangkan tiap-tiap gambar beserta dengan pesannya.
Kemudian diadakan pembahasan sesuai dengan kebutuhan pendengarnya agar terjadi komunikasi dua arah. Apabila kita tidak mempersiapkan diri dan hanya mempertunjukan lembaran-lembaran flash card satu demi satu tanpa menerangkan atau membahasnya, maka pengunaan flash card tersebut mungkin akan gagal.
Sebelum menggunakan alat peraga sebaiknya petugas mencoba terlebih dahulu alat-alat yang masih dalam bentuk kasar sebelum diproduksi seluruhnya. Test percobaan ini berguna untuk mengetahui sejauh mana alat peraga tersebut dapat dimengerti oleh sasaran pendidika.
Contoh, dibuat desain/rancangan sebuah poster yang akan dipergunakan untuk menunjang program keluarga berencana beberapa buah. Disain ini lalu dicobakan pada sekelompok kecil sasaran yang dianggap mempunyai ciri-ciri yang sama dengan sasaran pada umumnya, kepada siapa poster itu nantinya akan ditunjukkan. Salah satu disain yang paling mudah dipahami, terutama yang dapat dikenali pesan-pesannya dengan baik maka itulah yang akan diproduksi dan diperbanyak.
Cara melakukan test percobaan tersebut antara lam sebagai berikut :
- Merencanakan terlebih dahulu test pendahaluan untuk suatu media yang akan diproduksi,
- Menentukan pokok-pokok yang akan dipesankan dalam media tersebut ;
- Menentukan gambar-gambar pokok atau simbol-simbol yang disesuaikan dengan ciri-ciri sasaran.;
- Mempelrihatkan alat peraga/media tersebut kepada sasaran coba ;
- Memperlihatkan kepada sasaran tercoba:
- Apakah mereka mengalami kesukaran dalam memahami pesan-pesan, kata-kata dan gambar-gambar di dalam media tersebut,
- Menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti,
- Mencatat komentar-komentar dari sasaran tercoba,
- Melakukan perbaikan alat peraga (media) tersebut.
- Mendiskusikan alat yang dibuat tersebut dengan orang lain (teman-teman) atau dengan paraahii.