Metode pendidikan (pendekatan) massa dipakai untuk mengkomunikasisikan pesan-pesan kesehatan yang ditujukan kepada masyarakat yang sifatnya massa atau public. Dengan demikian cara yang paling tepat adalah pendekatan massa.
Oleh karena sasaran pendidikan ini bersifat umum, dalam arti tidak membedakan golongan umur, jenis kelamin pekerjaan, status sosial ekonomi, tingkat pendidikan, dan sebagainya, maka pesan-pesan kesehatan yang akan disampaikan harus dirancang sedemikian rupa sehingga dapat ditangkap oleh massa tersebut.
Pendekatan ini biasanya digunakan untuk menggugah awareness atau kesadaran masyarakat terhadap suatu inovasi, dan belum begitu diharapkan untuk sampai pada perubahan perilaku. Namun demikian bila kemudian juga dapat berpengaruh terhadap perubahan perilaku juga merupakan hal yang wajar.'
Pada umumnya bentuk pendekatan (cara) massa ini tidak langsung. Biasanya dengan menggunakan atau melalui media massa.
Beberapa contoh jenis metode ini, antara lain:
- Ceramah umum (public speaking) Pada acara-acara tertentu, misalnya pada Hari Kesehatan Nasional, Menteri Kesehatan atau pejabat kesehatan lainnya berpidato di hadapan massa rakyat untuk menyampaikan pesan-pesan kesehatan.
- Safari KB juga merupakan salah satu bentuk pendekatan massa.
- Pidato-pidato/diskusi tentang kesehatan melalui media elektronik, baik TV maupun radio, pada hakikatnya merupakan bentuk pendidikan kesehatan massa,
- Simulasi, dialog antara pasien dengan dokter atau petugas kesehatan lainnya tentang suatu penyakit atau masalah kesehatan adalah juga merupakan pendekatan pendidikan kesehatan massa. Contoh: Praktik Dokter di Televisi.
Sinetron Dokter Sartika di dalam acara TV juga merupakan bentuk pendekatan pendidikan kesehatan massa.
- Tulisan-tulisan di majalah atau koran, baik dalam bentuk artikel maupun tanya jawab/konsultasi tentang kesehatan dan penyakit juga merupakan bentuk pendekatan pendidikan kesehatan massa
- Bill Board, yang dipasang di pinggir jalan, spanduk, poster dan sebagainya juga merupakan bentuk pendidikan kesehatan massa. Contoh: Billboard Ayo ke Posyandu.